Pilgub Langsung, Nasdem Kekuatan Besar

JAKARTA -- Nasional Demokrat memastikan tidak akan menjadi partai politik. Namun, tetap saja berpeluang menjadi penentu dalam percaturan politik. Termasuk dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tahun 2012.

Hal itu diakui Ketua Umum Nasional Demokrat Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin. Ilham mengatakan, dari segi keanggotaan, wajar jika Nasional Demokrat layak diperhitungkan.

Masa penggalangan anggota empat bulan terakhir, anggota yang bergabung mencapai 104 ribu orang di Sulsel. Secara nasional, mencapai satu juta orang. Jumlah tersebut oleh Sekjen Nasdem Syamsul Mu'arif, dianggap sangat kecil, dibanding target 10 juta anggota.

Ilham mengatakan jika pemilihan gubernur Sulsel masih dilakukan secara langsung, maka anggota Nasdem adalah potensi. Soal ke mana suara mereka di Pilgub, itu menjadi soal lain.
Terkait kemungkinan adanya rekomendasi Nasdem terhadap salah satu kandidat pada Pilgub Sulsel nanti, Ilham mengatakan kemungkinan tidak akan ada dalam bentuk komitmen politik. Kalau pun ada, kemungkinan hanya sebatas seruan.

Saat ini, sejumlah kandidat calon gubernur Sulsel mulai mengemuka. Salah satunya adalah Ilham Arief Sirajuddin yang juga Ketua Nasional Demokrat dan ketua Partai Demokrat Sulsel.

Selain Ilham, nama lain adalah Syahrul Yasin Limpo (pentahana), Agus Arifin Nu'mang (pentahana wakil), Aziz Qahhar Mudzakkar, Tanribali Lamo, dan Akbar Faizal.

Ketua Bidang OKK Nasional Demokrat Sulsel, Jayadi Nas yang juga hadir dalam Rapimnas Nasional Demokrat di Jakarta Convention Centre (JCC) mengatakan sejauh ini belum ada dukung-mendukung kandidat pilgub.

Apalagi, anggota Nasdem datang dari berbagai kalangan. Ada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada juga yang masih berstatus penyelenggara pemilihan umum, misalnya anggota KPU seperti Jayadi Nas.

Namun, Jayadi sependapat bahwa Nasional Demokrat bisa menjadi kekuatan besar yang cukup diperhitungkan mesti berstatus ormas. Di beberapa negara, katanya, ormas menjadi penentu dalam pengambilan kebijakan politik.

"Dalam Rapimnas ini sudah ditegaskan posisi Nasional Demokrat, yakni harus mengerti politik dan berpolitik. Aspirasi politiknya tentu saja disalurkan melalui anggotanya yang tersebar di beberapa parpol," tandas Jayadi.

Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi DPW Nasdem Sulsel, Arqam Azikin malam tadi mengatakan, perubahan mendasar arah bangsa menjadi topik hangat rapimnas Nasional Demokrat (Nasdem). Dalam pidato Surya Paloh dalam penutupan rakernas, Arqam menyimpulkan kuatnya kehendak Nasdem menorong penataan moral pejabat

0 komentar:

Posting Komentar