Golkar Kaji Langkah Hukum Terhadap Satgas

"Khususnya kepada Denny Indrayana karena diduga telah mengarahkan Gayus."


Anggota Komisi Hukum DPR Bambang Soesatyo menilai Satgas Pemberantasan Mafia Hukum telah melenceng dari tugas utamanya terkait kasus Gayus Tambunan. Dia pun menyatakan Golkar akan mengambil langkah hukum terhadap Satgas.

"Khususnya kepada Denny Indrayana karena diduga telah mengarahkan Gayus kepada upaya pencemaran nama baik Golkar dan Ical (Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie) sebagai individu," kata Bambang di Gedung DPR, Kamis 20 Januari 2011.

Usai divonis pengadilan kemarin, Gayus mengaku kepada pers bahwa Satgas, terutama Denny, telah memanfaatkan kasusnya untuk kepentingan politik dengan mengait-ngaitkannya dengan Aburizal karena tiga perusahaan keluarga Bakrie masuk dalam list 'pasien' Gayus. Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu pun merasa difitnah karena kepergiannya ke Bali diberitakan seolah-olah bertemu dengan Aburizal.

"Saat ini Golkar, diketuai oleh Ketua DPP Golkar Bidang Hukum Muladi, sedang mengkaji langkah hukum terhadap Satgas," kata Bambang. Menurutnya, dalam waktu dekat Muladi akan mengumumkan langkah hukum yang akan diambil Golkar. "Ini bukan atas instruksi Pak Ical."

Kesalahan Satgas, menurut Bambang, tidak hanya dalam mempolitisir kasus Gayus, tapi juga karena telah menjanjikan kenyamanan dan keamanan kepada Gayus selama masa persidangan dan penahanannya. "Untuk itu, Denny dapat dikategorikan melakukan pidana. Saya menduga, yang selama ini membekingi Gayus justru Satgas, khususnya Denny," tuding Bambang.

Lebih lanjut, vonis ringan tujuh tahun yang diterima Gayus, menurut Bambang semakin membuktikan berbagai keistimewaan yang diperoleh mantan pegawai pajak tersebut. "Vonis itu sangat mengecewakan dan merupakan sikap antiklimaks dari semangat pemberantasan korupsi," tukasnya.

Secara terpisah, anggota Komisi III Eva Kusuma Sundari mengingatkan publik untuk tidak teralihkan dari persoalan utama mafia hukum dan mafia perpajakan. "Jangan sampai pertikaian Gayus dan Satgas menyita energi kita. Itu tidak penting dan tidak substansial," tegas politisi PDIP itu

Sumber : Vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar